Apa Bedanya Asuransi dan Garansi dari Hyundai Indonesia?

 

Photo credit: Hyundai Motors Indonesia

Saat membeli mobil idaman baru dari Hyundai Indonesia, mungkin Anda mendapati bahwa unit kendaraan yang Anda inginkan sudah lengkap dengan asuransi dan garansi. Orang awam biasanya akan menganggap bahwa keduanya adalah hal yang sama, padahal justru sebaliknya. Lantas, apa saja perbedaan antara asuransi dan garansi mobil?

6 Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil

Supaya tidak salah kaprah dalam memahami syarat dan ketentuan garansi maupun program asuransi, sebaiknya pahami betul enam perbedaannya di bawah ini, ya!

1. Definisi

Bicara tentang perbedaan asuransi dan garansi mobil, hal pertama yang jelas membedakan keduanya adalah definisi atau pengertian. Menurut KBBI, asuransi adalah biaya yang dibayarkan kepada tertanggung apabila terjadi suatu musibah yang sesuai dengan isi perjanjian dan pihak tertanggung sudah memenuhi kewajiban iuran rutinnya. Sementara itu, garansi dapat diartikan sebagai tanggungan biaya dari penanggung yang sifatnya tidak mewajibkan pihak tertanggung untuk membayarkan sejumlah uang per bulannya.

2. Cara mendapatkan dan klaim

Perihal kedua yang membuat kedua istilah ini harus dibedakan adalah bagaimana cara mendapatkannya. Jika pada asuransi Anda harus melewati proses pendaftaran serta melakukan pembayaran secara rutin tiap bulan supaya bisa mengklaim manfaat, garansi tidak bekerja dengan sistem demikian.

Pada garansi mobil, Anda otomatis akan memperolehnya tanpa perlu mengajukan pendaftaran dan membayar iuran rutin setiap bulan. Misalnya, dalam jangka waktu 1 sampai 3 tahun, biasanya Anda akan mendapatkan garansi mobil yang bisa dimanfaatkan apabila kendaraan mengalami hal-hal tak diinginkan.

Bukan hanya garansi mobil setelah masa pembelian, beberapa dealer atau bengkel umumnya juga akan memberlakukan garansi setelah pengguna melakukan servis rutin. Contohnya, Hyundai akan menerapkan garansi servis selama 7 sampai 14 hari setelah tanggal perawatan yang Anda lakukan di dealer resmi Hyundai.

3. Biaya yang harus dibayarkan

Garansi dan asuransi juga berbeda dari segi biaya yang mesti dibayarkan. Seperti yang sudah Anda baca pada poin-poin sebelumnya, asuransi merupakan biaya pertanggungan yang diberikan ketika pihak tertanggung melakukan proses pendaftaran dan pembayaran iuran secara rutin. Besaran biaya ini juga berbeda-beda, bergantung polis asuransi yang dipilih dan harga beli mobilnya.

Sementara itu, garansi tidak mengharuskan pemilik kendaraan untuk membayarkan sepeser pun biaya supaya bisa mempergunakan manfaatnya. Sebab, garansi bisa dibilang menjadi benefit tambahan ketika Anda membeli mobil atau melakukan servis yang sesuai dengan ketentuan penyedia garansi.

4. Cakupan dan objek yang dilindungi

Garansi biasanya juga hanya melindungi produk atau barang yang rusak akibat kesalahan produksi atau pabrik. Sehingga, musibah yang melatarbelakanginya harus bersifat internal. Contohnya, Hyundai Indonesia akan mengganti suku cadang ketika produk tersebut bermasalah sejak dari perusahaan dan pengguna melakukan penggantian di dealer resmi.

Sementara itu, asuransi memiliki cakupan dan perlindungan objek yang lebih luas. Berbagai permasalahan yang berasal dari lingkungan eksternal pun bisa ditanggung oleh program ini. Jadi, semisal mobil Anda mengalami kecelakaan, dicuri, atau tertimpa musibah bencana alam, asuransi mobil bisa menanggung atau membantu meringankan kerugian yang Anda peroleh.

5. Masa berlaku

Masa berlaku dari garansi dan asuransi pun berbeda, lho! Sebab, biasanya garansi akan berlaku sesuai jangka waktu tertentu dari tanggal pembelian, misalnya garansi mobil Hyundai Indonesia adalah 3 tahun setelah transaksi dilakukan. Sementara itu, asuransi cenderung lebih fleksibel karena bisa diperpanjang sesuai kebutuhan dan perjanjian antara kedua belah pihak, yang menyediakan program dan pihak tertanggung.

6. Ketentuan pembatalan

Ketentuan pembatalan akan garansi dan asuransi juga berbeda. Jika garansi sifatnya bisa hangus apabila terjadi hal-hal yang dipicu oleh kelalaian atau perubahan pada kondisi mobil, asuransi bisa dibatalkan setelah terjadi perjanjian antara kedua belah pihak.

Garansi mobil Hyundai akan hangus ketika kendaraan dimodifikasi pada bagian mesin, audio, dan lainnya yang menimbulkan kerusakan setelahnya. Di sisi lain, asuransi bisa dibatalkan dengan membuat perjanjian baru apabila program ini dirasa memberatkan atau kurang bermanfaat.


Meski berbeda, asuransi dan garansi tetaplah menjadi dua hal yang diperlukan oleh semua pemilik kendaraan. Pasalnya, Anda jadi bisa mendapatkan perlindungan saat terjadi hal-hal tak diinginkan. Supaya Anda bisa memanfaatkan perlindungan dari Hyundai Indonesia, pahami setiap syarat dan ketentuan dari berbagai program asuransi dan garansi yang tertera di link ini!


Komentar