![]() |
Photo by Hyundai Indonesia
Peristiwa darurat seperti kecelakaan lalu lintas tidak hanya berdampak buruk bagi kondisi mobil, tetapi juga kesehatan pengemudi serta penumpangnya. Memahami hal tersebut, Hyundai Indonesia memiliki Assurance Program dalam bentuk Customer Protection Program demi meningkatkan kenyamanan dan ketenangan saat berkendara.
Melalui program ini, pengendara mobil Hyundai bisa lebih terbantu jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti apa detail programnya? Yuk, pelajari selengkapnya di artikel ini!
Apa Itu Customer Protection Program?
Customer Protection Program merupakan program jaminan dari Hyundai Indonesia untuk menggantikan biaya perawatan medis pemilik Hyundai STARGAZER dan CRETA setelah mengalami kecelakaan. Tak hanya pengemudi, manfaat tersebut juga mencakup semua penumpang yang ikut dengan pemilik kendaraan saat terjadinya peristiwa tersebut.
Sebagai bukti bahwa Anda berhak menikmati manfaat dari jaminan ini, Anda akan memperoleh sertifikat digital berisi detail kendaraan, benefit, serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, dengan adanya Customer Protection Program, Anda tidak perlu melunasi biaya pengobatan kecelakaan di rumah sakit dengan tabungan sendiri.
Jenis Tindakan Medis Apa Saja yang Berada di Bawah Perlindungan Program Ini?
Untuk lebih menjamin kenyamanan dan keamanan pemilik kendaraan serta penumpangnya, manfaat perlindungan Customer Protection Program ini mencakup cukup banyak tindakan medis. Nah, supaya Anda bisa mendapat gambaran lebih jelas, berikut ini adalah jenis perawatan di rumah sakit yang akan ditanggung oleh Hyundai Indonesia:
Biaya diagnosis medis oleh dokter, termasuk untuk pemeriksaan dengan X-Ray;
Biaya operasi atau pembedahan medis yang diperlukan;
Biaya mobil ambulans;
Biaya perawatan inap tidak termasuk makanan yang diberikan;
Semua obat yang diresepkan oleh dokter rumah sakit;
Biaya lainnya sesuai dengan anjuran atau instruksi medis dokter, misalnya untuk program fisioterapi atau rehabilitasi fisik.
Berapa Nominal Penggantian yang Akan Diberikan?
Hyundai Indonesia akan menggantikan total biaya sesuai yang tertera dalam kuitansi atau tagihan dari rumah sakit, maksimal hingga Rp100 juta per orang. Jadi, kalau total tagihan Anda melebihi Rp100 juta, Anda bisa membayarkan sisanya sendiri. Akan tetapi, nominal penggantian ini memiliki batasan jumlah tanggungan maksimum, termasuk pengemudi, untuk setiap tipe unit kendaraan sesuai detail berikut:
Hyundai STARGAZER tipe 7-Seat: 7 orang;
Hyundai STARGAZER tipe 6-Seat: 6 orang;
Hyundai CRETA: 5 orang.
Apakah Ada Kondisi yang Dikecualikan?
Walaupun Customer Protection Program Hyundai Indonesia mencakup seluruh perawatan medis yang telah diinstruksikan oleh dokter, program ini tidak berlaku untuk sejumlah kondisi. Agar Anda tidak salah kaprah, berikut adalah kondisi yang dikecualikan dari manfaat perlindungan jaminan tersebut:
Kecelakaan yang terjadi secara sengaja dan melanggar hukum lalu lintas, misalnya berkendara dalam pengaruh miras dan narkoba;
Kebakaran yang tidak disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas;
Luka fisik akibat peristiwa huru-hara, sabotase, serta terorisme;
Klaim diajukan setelah melewati batasan masa berlaku program, yaitu 1 tahun setelah tanggal serah terima unit kendaraan;
Kendaraan dialihfungsikan sebagai mobil rental, kecuali untuk wilayah Bali.
Bagaimana Cara Klaim Customer Protection Program?
Apabila Anda ingin melakukan klaim manfaat Customer Protection Program dari Hyundai Indonesia, Anda harus menyerahkan dokumen persyaratan administrasi, yaitu:
Surat Keterangan Kecelakaan Lalu Lintas dari Polres atau Polsek terdekat dari TKP;
Surat keterangan medis yang diterbitkan oleh dokter rumah sakit, bukan klinik;
Hasil diagnosis dan tagihan perawatan medis dari rumah sakit.
Setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan, pastikan Anda menghubungi call center atau dealer resmi Hyundai paling lambat 30 hari setelah tanggal kejadian kecelakaan lalu lintas. Kemudian, perwakilan dari Hyundai akan membantu Anda sampai proses pengajuan klaim tuntas, dan Anda bisa menerima manfaat yang telah disebutkan sebelumnya.
Bagaimana, apa Anda sudah merasa lebih tenang saat mengemudikan mobil Hyundai kesayangan? Berkat adanya Customer Protection Program dari Hyundai Indonesia, Anda tidak perlu merasa khawatir secara berlebih karena biaya perawatan medis akibat kecelakaan akan ditanggung oleh pihak Hyundai.
Meskipun ada jaminan perlindungan ini, tetaplah berhati-hati di jalan untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan, ya! Selalu utamakan keselamatan, dan jaga diri Anda serta orang-orang tersayang saat berkendara.
Komentar
Posting Komentar